SOSIALISASI SEJAK USIA DINI

2/07/2019


SOSIALISASI SEJAK USIA DINI



Pandes - Pengenalan mengenai pengelolaan lingkungan kini tidak hanya saja menyasar pada orang-orang dewasa saja. Anak, sejak usia dini pun juga sebaiknya dilibatkan dalam proses mengelola lingkungan itu sendiri. Hal tersebut dilakukan karena menurut penelitian, pendidikan sejak usia dini mendorong lebih cepatnya anak untuk menangkap dan merespon hal tersebut. Hal tersebut juga di lakukan dalam pengelolaan lingkungan yang ada di Desa Pandes Wedi Klaten.
Sungai yang mulai mengalami perubahan ke arah yang lebih baik dilihat dari segi fisik dan kondisinya tak menurunkan semangat komunitas untuk terus melakukan sosialisasi terhadap warga Desa Pandes untuk terus menjaga dan merawat lingkungannya. Karena telah di rasakan berbagai macam manfaat yang di dapatkan dari perubahan kondisi sungai, selain mendapatkan juara tingkat nasional, pemanfaatan sungai dan kesehatan masyarakat sekitar juga meningkat. Anak-anak sejak usia dini diharapkan juga bisa berkontribusi dalam merawat dan melestarikan alam sekitar yang ada di Desa Pandes. Karena dalam 10-15 tahun kedepan mereka yang akan melanjutkan dan meneruskan perjuangan ini, maka dari itu pendidikan sejak usia dini dilakukan oleh Komunitas Peduli Sungai Ujung Hilir (KPSUH).
Komunitas dan di bantu dengan teman-teman dari Sosiologi Fisip UNS melakukan kegiatan sosialisasi pengelolaan lingkungan yang dilakukan di dua SD yang ada di Desa Pandes. Dua SD tersebut diantaranya SD ‘Aisyiah Full Day dan juga SD Negeri Pandes, target dari sosialisasi itu dilakukan pada anak kelas 5 SD. Dalam sosialisasi tersebut dikenalkan bagaimana menjaga dan merawat lingkungan, mengenai pengurangan penggunaan sampah plastik, dan juga bagaimana mengelola barang bekas khususnya plastik untuk mengurangi pencemaran yang terjadi di sungai. Dalam pelaksanaan sosialisasi tersebut, anak-anak sangat antusias dan juga telah berkomitmen untuk menjaga dan melestarikan sungai walaupun dimulai dari hal kecil. Karena sekecil apapun kontribusi mereka sangat berguna.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »