Bersih-bersih Sungai Ujung

1/11/2019

Bersih-bersih Sungai Ujung

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh


Segala puji hanya milik Alah SWT. Sholawat serta salam semoga selalu tercurah kepada junjungan besar kita Nabi Muhammad SAW. Kebersihan menjadi dasar nyamannya kelangsungan hidup. Terlebih lagi jika kita lihat permasalahan kebersihan di media masa, sampah di sungai misalnya. Lambat laun jika fenomena ini tidak di sikapi dengan baik dapat di prediksi akan berdampak buruk bagi lingkungan dan kehidupan di sekitarnya. Hal yang ta umum di temukan adalah banjir, wabah demam berdarah, bau sampah yang menyengat, dan lain sebagainya.
Pada kesempatan kali ini seluruh elemen warga Desa Pandes melakukan kegiatan bersih sungai di sepanjang sungai desa pandes. Pembersihan yang dilakukan adalah dengan membersihkan berbagai sampah dan kotoran di bantaran sungai ujung Desa Pandes. Kegiatan bersih sungai ini dimotori oleh Pemerintah Desa Pandes. Dengan melibatkan elemen masyarakat yang secara dominan di dominasi oleh ibu-ibu RW 11 dukuh genukan Desa Panes. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan masyarakat yang bebas dari sampah dan polusi. Pembersihan sejak dini akan meminimalisir kondisi sampah di Desa Pandes, terutama di bantarang sungai.
Tampak pada foto diatas ibu-ibu sedang beristirahat untuk makan siang setelah seharian melakukan pembersihan area sungai desa Pandes. Disimpulakan bahwa dewasa kini kesadaran masyarakat akan sampah sudah tinggi, warga paham akan sampah dan bagaimana cara mengatasinya. Dalam waktu dekat Komunitas Peduli Sungai Ujung Hilir (KPSUH) yang bermarkas di balai Desa Pandes akan mengikuti perlomaan kali bersih tingkat Provinsi yang diselengarakan di Semarang.
Sehingga kegiatan pembersihan sungai yang telah rutin dilaksanakan oleh masyarakat yang tinggal disekitar sungai desa pandes ini dapat menjadi kesiapan sungai desa Pandes dalam mengikuti perlomaan komunitas kali bersih tingkat provinsi tersebut.

Penulis               : Zahid Abdullah
Editor                : Arif Miftah

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »