Visitasi Lomba Komunitas Peduli Sungai Ujung Hilir Pendes Klaten

1/16/2019

Visitasi Lomba Komunitas Peduli Sungai Ujung Hilir Pendes Klaten

Komunitas Peduli Sungai Ujung Hilir, Desa Pendes, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah yang merupakan Komunitas Peduli Sungai binaan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo yang terpilih sebagai peserta lomba Komunitas Peduli Sungai Tingkat Nasional tahun 2018.
Tim Juri dari Bina Operasi Pemeliharaan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang terdiri dari Bambang Ratmoko, Agus Setiawan dan Judi G Widakdo melakukan visitasi dan penjurian di wilayah KPS Ujung Hilir (Kamis 27/09/2018).
“Kami sudah berkeliling ke banyak KPS diseluruh Indonesia, setiap KPS memiliki karakter masing-masing. Lomba ini sebenarnya hanya ajang saja, yang paling penting adalah keberlanjutan Operasi dan Pemeliharaan dalam kehidupan sehari-hari” Pesan Bambang dalam sambutannya.
Saat berkunjung ke Klaten Tim Juri merasa bangga dan haru karena di era milenial seperti saat ini masih ada yang memberikan segalanya untuk alam. Karena tidak semua orang punya rasa peduli terhadap lingkungan sekitar.
“Komunitas itu tentang kesetiaan, diluar sana banyak komunitas yang setahun dua tahun sukses tapi setelahnya bubar. Saya berharap agar rasa memiliki ini terus berjalan sehingga apapun dan bagaimanapun kondisi komunitas sungai semua tetap dengan kerendahan hati berperan aktif” Pesan Agus Setiawan.
Sebelum melakukan kunjungan ke Lokasi KPS tim Juri berkesempatan untuk ramah tamah dengan jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Klaten. Pemerintah Daerah Kabupaten Klaten turut bangga karena salah satu KPS nya menjadi nominasi terpilih dalam Lomba Komunitas Sungai Tingkat Nasional tahun ini. Di Ruang Pertemuan B Hj Sri Mulyani selaku Bupati Klaten menyambut dengan suka cita.
“Alhamdulillah kami sangat bangga karena komunitas sungai di klaten ini terus berjalan tidak hanya saat banjir namun juga guyub bersih sungai, memanfaatkan sampah disekitar dan banyak menumbuhkan ekonomi kreatif bagi masyarakat. Jika nanti kami menang semoga kami bisa menjadi contoh bagi KPS di seluruh Indonesia” Terang Sri Mulyani.
Komunitas Peduli Sungai tidak akan terjadi begitu saja. Banyak kontribusi masyarakat dari berbagai kalangan, salah satunya adalah generasi muda yang berperan aktif dalam menggiatkan berbagai kegiatan komunitas seperti yang dilakulan Mas Mbak Klaten selaku icon pemuda pemudi di Klaten.
“Kami selaku Putra Putri Daerah Klaten sangat bangga atas terpilihnya KPS Ujung Hilir menjadi nominasi dalam lomba ini karena sungai tidak hanya berperan secara ekosistem tapi juga memiliki fungsi sosial dan pariwisata, semoga KPS di Klaten dapat menginspirasi generasi muda dalam menjaga alam” Pesan Mas Mbak Klaten.
Disambut dengan tarian tradisional khas Klaten dan makanan yang lezat tim juri berkesempatan mengunjungi Umbul Pakahan, Taman Bambu Senopati, Taman Kentri, Taman Ki Noto Sabdo, Bendung Tempel, Bendung Daratan dan Bendung Gadungsari. Setiap titik lokasi yang dikunjungi memiliki cerita tersendiri.
“Menang atau kalah bagi kami lomba KPS ini lebih dari hanya sekedar mempersiapkan lomba namun lebih kepada guyub rukun antar anggota dan warga masyarakat untuk semakin menumbuhkan rasa memiliki terhadap KPS Ujung Hilir” Kata Heru Purnomo selaku ketua komunitas.
Semoga dengan adanya lomba ini KPS Ujung Hilir dapat menjadi Komunitas Peduli Sungai yang lebih baik dari berbagai sisi, semakin erat hubungan antar anggotanya dan bias menjadi inspirasi bagi komunitas sungai disekitarnya (BBWSBS/sita).

Sumber :  http://sda.pu.go.id/bbwsbengawansolo/portal/index.php/2018/09/28/visitasi-lomba-komunitas-peduli-sungai-ujung-hilir-pendes-klaten/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
31 Agustus 2019 pukul 11.08 delete

Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
mampir di website ternama I O N Q Q
paling diminati di Indonesia,
di sini kami menyediakan 5 permainan dalam 1 aplikasi
~bandar poker
~bandar-q
~domino99
~poker
~bandar66
segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
Whatshapp : +85515373217

Reply
avatar