Pelatihan Pengurangan Resiko Bencana (PRB)

1/10/2019


Pagi ini, Pelatihan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) tahun 2017, bertempat di Balai Desa Pandes, Oleh Gerakan Pandes Remaja Sehat (GPRS).


Desa Pendes memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan dengan desa yang lain karena dilewati oleh Sungai Ujung, salah satu sungai besar di Kabupaten Klaten yang memiliki hulu di garis Gunung Merapi. Sungai Ujung memiliki panjang kurang lebih 72 Km, melewati 5 kecamatan di Kabupaten Klaten dan melewati 5 desa di Kecamatan Wedi. Sungai adalah nadi dari kedidupan desa, selain berguna sebagai wadah penampung air sewaktu hujan datang, sungai menjadi habitat dari berbagai hewan dan tumbuhan, terlebih lagi sungai menjadi faktor utama dari pengairan dan irigasi persawahan di Desa Panades. Sungai Ujung yang melewati Desa Pendes pada awalnya memang memprihatinkan karena banyaknya sampah dan berbagai pencemaran limbah rumah tangga serta limbah industri kecil menengah di Kecamatan Wedi. Namun dari tahun-ketahun kondisi sungai kian membaik berkat dukungan penuh warga Desa Pandes, Pihak Pemerintah Desa Pendes, Komuitas Peduli  Sungai Ujung Hilir, serta beberapa Komunitas yang lain. Berkat usaha dan bantuan dari berbagai pihak Sungai Ujung Hilir sudah tidak dipenuhi dengan sampah lagi, keterlibatan warga merupakan kekuatan utama dari wajah sungai Ujung Hilir sekarang.

Sungai Ujung sama hal nya dengan sungai-sungai besar yang lain memiliki resiko bencana tersendiri. Bencana alam seperti banjir, longsong kerap terjadi di daerah bantaran sungai, untuk itu Pelatihan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) sangat penting dilaksanakan, khususnya di Desa Pendes. Pada tahun 2017 kegiatan Pelatihan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) dilakukan di balai desa Pandes dengan diikuti oleh berberapa warga setempat yang terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar warga desa Pendes paham dan mengerti bagaimana mengurangi resiko bencana di bantaran Sungai Ujung Hilir serta secara aktif melakukan kegiatan nyata. Kegiatan Pelatihan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) diselenggarakan oleh Gerakan Pandes Remaja Sehat (GPRS) bekerjasama dengan Pemerintah Desa Pandes dan Komunitas Peduli Sungai Ujung Hilir (KPS).

Dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi langkah-langkah lain dari kesejahteraan masyarakat desa Pandes. Sungai adalah nadi bagi kehidupan desa. Jagalah kebersihan sungai, kalau bukan sekarang mau kapan lagi?

Penulis : Zaky Gunawantoro
Editor :    Zahid Abdullah

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar