Komunitas Kali Ujung Sabet Juara Pertama Lomba Peduli Sungai Tingkat Nasional

1/16/2019
Komunitas Kali Ujung Sabet Juara Pertama Lomba Peduli Sungai Tingkat Nasional

Sabtu, 10 November 2018 16:01:00 WIB | oleh : maulana-ayub | 0 komentar
Klaten,(klaten.sorot.co)--Komunitas Kali Ujung Kabupaten Klaten berhasil memperoleh juara 1 dalam lomba Komunitas Peduli Sungai tingkat Nasional. Dalam lomba tersebut, Komunitas Kali Ujung meraih nilai tertinggi pada semua tahap mulai dari presentasi dan visitasi.
Ketua Komunitas Kali Ujung Klaten, Heru Purnomo mengatakan tahapan pertama dalam lomba dari Kementerian PUPR  adalah presentasi pada Mei 2018 lalu. Setelah itu ditindak lanjuti dengan visitasi atau peninjauan ke sungai pada September 2018. Hasilnya, semua tahapan berhasil dimenangkan.
"Waktu paparan kita juara satu, kemudian selanjutnya adalah visitasi kita juga juara satu lagi. Itu rangkaian dari lomba, kita memperoleh nilai tertinggi yakni sekitar 863," kata dia saat dihubungi.
Dirinya menceritakan, awal mula terbentuknya komunitas ini bermula dari keprihatinan warga akan kondisi sungai yang dianggap kritis. Dahulunya, sepanjang sungai Ujung menjadi tempat pembuangan sampah dan limbah, bahkan banyak warga yang buang air besar di aliran sungai. 
Berangkat dari keprihatinan tersebut, masyarakat sepakat untuk menata sungai ujung agar kembali ke fungsinya. Penataan awal dilakukan pada tahun 2014 tepatnya di bawah jembatan sayuran Desa Pandes, Kecamatan Wedi. Kanan kiri sungai ditutup agar tidak digunakan untuk membuang sampah.
"Berjalan pelan-pelan sampai tahun 2015. Kemudian tahun 2016 kita bersama teman-teman komunitas se Klaten untuk gerakan peduli sungai. Pada tahun 2016 juga Komunitas Kali Ujung dikukuhkan oleh Pak Gubernur," imbuh dia.
Setelah Desa Pandes menjadi pilot project, saat ini aliran Sungai Ujung yang sudah mulai tertata mencapai lebih dari 3 kilometer. Bahkan kini sudah ada 14 desa di 4 kecamatan yang berkomitmen untuk menjaga kelestarian Sungai Ujung. Meliput Kecamatan Wedi, Klaten Selatan, Kalikotes dan Jogonalan.
"Harapan kami antar desa yang dilintasi sungai ini bisa saling bertemu, jadi bersih-bersihnya bisa menyeluruh. Kita akan membuat komitmen agar kebersihan ini bisa mencapai titik akhir sungai," pungkas dia.
Sumber : http://klaten.sorot.co/berita-5344-komunitas-kali-ujung-sabet-juara-pertama-lomba-peduli-sungai-tingkat-nasional.html

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
31 Agustus 2019 pukul 11.08 delete

ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

Reply
avatar