Pejuang Pembasmi Jentik Nyamuk Desa Pandes

1/11/2019

Pejuang Pembasmi Jentik Nyamuk Desa Pandes



Kesehatan merupakan salah satu aspek kehidupan yang penting dalam sistem kehidupan manusia. Dimana kesehatan bagi setiap manusia merupakan sebuah hal yang sangat vital, bahkan ada pepatah orang sehat itu sangat mahal sekali harganya. Dewasa ini, manusia semakin paham atas pentingnya aspek kesehatan dan bagaimana bisa mendapatkan kesehatan melalui pola hidup sehari-hari masyarakat.
Desa Pandes Kecamatan Wedi merupakan sebuah wilayah di Kabupaten Klaten yang kondisi geografisnya di lalui oleh aliran Sungai Ujung Hilir sepanjang ±2Km memiliki potensi yang bisa di timbulkan dari sungai tersebut. Salah satu potensi sumber penyakit adalah yang bersumber dari nyamuk dimana nyamuk banyak hidup tumbuh dan berkembang dalam aliran air yang kotor. Kondisi Sungai Ujung Hilir yang banyak tumpukan sampah dan kotor bisa saja memicu penyakit yang bersumber dari nyamuk dimana bisa menyebabkan berbagai macam penyakit seperti Demam Berdarah Dongue (DBD), Malaria.
Dewasa ini kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan tumbuh sangat pesat, hal tersebut terlihat dari terbentuknya sebuah komunitas yang bernama Jumantik (juru Pemantau Jentik). Jumantik adalah perkumpulan atau organisasi yang anggotanya adalah ibu-ibu se desa Pandes yang salah satu program kerjanya adalah memantau kebersihan sungai yang ada di desa Pandes. Melalui sebuah wadah komunitas berbasis sadar lingkungan dan untuk kesehatan ini, ibu-ibu memiliki kegiatan pembersihan jentik juga selain menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman juga dapat membasmi jentik-jentik nyamuk sehingga kawasan lingkungan Pandes terbebas dari gigitan nyamuk.
 Sebagaimana aktifitas yang dilakukan pada pagi hari ini tepatnya di sepanjang sungai desa Pandes Kecamatan Wedi adalah bersih-bersih sungai. Kegiatan yang rutin dilakukan pada setiap hari minggu pagi tidak hanya diikuti saja oleh anggota Jumantik, namun warga dan ibu-ibu sekitar bantaran sungai pun ikut bergerak dalam mensukseskan kegiatan ini. Seperti yang terdapat di foto diatas adalh kegiatan pembersihan area sekitar sungai agar tercipta lingkungan yang aman dan nyaman di pandang sehinngga warga merasa bahagia ketika melihat aliran air sungai. Manfaat dari hal tersebut seiring berjalannya waktu bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh warga masyarakat sekitar, selain turunnya angka penyakit yang diakibatkan oleh nyamuk, lingkungan pun lebih sehat dan warga yang tinggal disekitar bantaran sungai memiliki lingkungan yang layak huni. Diharapkan kegiatan ini tak hanya berhenti disini saja setelah warga mendapatkan manfaatnya, namun kedepannya bisa semakin giat dalam menjaga dan juga merawat sungai di Desa Pandes ini.
Penulis             : Zahid Abdullah
Editor              : Niko Darmawan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »