Komunitas Peduli Sungai Ujung Hilir, Inspirasi dalam Menjaga Ekosistem

1/16/2019


Indonesia memiliki banyak sungai yang tersebar diseluruh tanah air. Dengan sungai yang banyak, msyarakat Indonesia berkewajiban dalam menjaga dan melestarikan lingkungan, melalui Komunitas Peduli Sungai misalnya.
Di Desa Pandes, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten Jawa Tengah terdapat Komunitas Peduli Sungai Ujung Hilir yang memiliki Visi “Terwujudnya Sungai Ujung, Rahayu”. KPS ini lahir karena kejujuran panggilan hati warga masyarakat sekitar untuk melestarikan daerah hilir Sungai Bengawan Solo ini.
KPS Ujung Hilir merupakan salah satu Komunitas Peduli Sungai Binaan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo yang memiliki aktivitas dan prestasi. KPS yang diketuai oleh Heru Purnomo ini beranggotakan masyarakat desa Pandes dari berbagai kalangan mulai dari bapak-bapak, ibu-ibu, pemuda-pemudi dan anak-anak. Semua berperan aktif dalam mewujudkan kembalinya fungsi sungai Ujung Hilir, pengurangan risiko bencana, ekonomi kreatif, wisata dan edukasi serta mewujudkan daerah yang ramah lingkungan.
KPS Ujung Hilir memiliki beberapa program kegiatan seperti pengelolaan bank sampah yang dibuat untuk souvenir dan kerajinan tangan yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi, ada caffe Kaliku yang menjual jajan tradisional khas Klaten yang seru di pinggir sungai, organsasi srikandi sungai yang membuat produk minuman dan makanan khas tradisional Klaten seperti jamu, jenang dan kue-kue yang dikemas secara menarik dan kegiatan aktif anak-anak seperti perpustakaan keliling yang berhenti di tepi sungai, pengelolaan taman hiburan kreatif yang bersih dan edukasi anak-anak dari berbagai disiplin ilmu serta pengelolaan desa wisata.
KPS Ujung Hilir rutin mengadakan pertemuan setiap satu bulan dua kali dan melakukan komunikasi sehari-hari dengan menggunakan aplikasi berbagi pesan. Masing-masing anggota memiliki peran dan cita-cita dalam mewujudkan sungai yang bersih, sehat dan memiliki banyak kebermanfaatan untuk umat.

Untuk tau informasi lebih lengkapnya bisa follow instagramnya di :  @sekolahsungaik1
#kemenpupr
#ditjensda
#bbwsbsolo
#bbwsbengawansolo
#sumberdayaair
#mengelolaairuntuknegeri
#infrastrukturuntuknegeri
#komunitaspedulisungaiujunghilir
#klaten
Sumber : https://deskgram.net/p/1878271083745169544_5891786580

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »